Affiliate Program ”Get Money from your Website”

Jumat, 04 Mei 2012

Spesial dari bangka

SETIAP daerah memiliki kekuatan rasa kuliner yang berbeda, termasuk kuliner Bangka. Masakan Bangka tidak terlepas dari rasa asam, pedas, serta manis.
M. Fitno, pemilik Restoran Kampoeng Bangka, mengatakan bila pemanfaatan hasil laut menciptakan rasa yang khas pada kuliner Bangka. "Karena kekuatannya ada di hasil laut, maka cita rasanya tidak akan terlepas dari rasa asam, pedas, dan manis.
Sebagai penghasil lada putih, Bangka juga terkenal memiliki kuliner pedas. Bahkan menurut Fitno, masakan menjadi tidak istimewa tanpa penambahan lada yang memberikan rasa pedas yang khas. Faktor budaya Melayu turut menjadikan kuliner Bangka tidak terlepas dari rasa pedas, mirip kuliner Palembang yang memang satu rumpun.
"Karena kita ada di wilayah Sumatera, otomatis rasa pedas tidak jauh dengan daerah Bangka, berbeda dengan pulau Jawa yang lebih dominan rasa manisnya," imbuhnya.
Sementara itu, rasa asam muncul karena dipengaruhi hasil laut, di mana rasa asam mampu menghilangkan aroma amis olahan laut. Dikatakan Fitno, dominasi rasa asam pada olahan laut ini mirip kuliner Thailand.
"Namun pada kuliner Bangka, rasa asamnya lebih tajam," ujarnya.
Fitno menambahkan, cita rasa manis pada kuliner Bangka sifatnya adalah penyeimbang rasa, yang mendapatkan pengaruh dari kuliner China. "Perpaduan memasak Tionghoa dengan Melayu melahirkan ragam masakan yang baru sehingga kuliner Bangka sangat luar biasa

sumber ; okezone

Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal

Affiliate Program ”Get Money from your Website”

0 komentar:

Posting Komentar